Senin, 01 November 2010

Jogja Hujan Abu Gosok Vulkanik

Jogja, 30 Oktober 2010, jam setengah enem (waktu jam di rumah)
Pagi ini Jogja hujan. Hujan yang bikin heboh satu rumah dan sukses menyebabkan aku melek tanpa kriyip-kriyip dulu. Aku langsung loncat dari kasur, keluar dan mendapati halaman rumahku diguyur hujan. Haha diguyur? Emangnya air? Ini bukan air, bukan salju, dan sayang sekali --- bukan uang seperti yang kuharapkan. -____-“ . Yeah, langit Jogja menurunkan ‘berkah’ dari Merapi yang erupsi dini hari. Hujan abu vulkanik. Sungguh ndeso tapi nggak mau kehilangan momen, aku langsung ngambil beberapa barang bukti. Jeprat jepret sana sini. Siapa tau nanti bisa di share ke facebook atau twitter *padahal nggak di TKP* -___-“ tapi ya biarlah.
Merapi batuk-batuk terus nih. Dan imbas kecil dari Merapi ini menyebabkan Jogja berselimut debu vulkanik. Dimana-mana putih. Pemandangan yang nggak bisa diliat setiap hari pastinya menarik dong. Diawali dari beberapa upload-an orang-orang di twitter aku jadi sedikit syok. Itu sih tebel banget! Dan rupanya, terbukti saat aku melewati kawasan GSP dan sekitarnya. Wewww.. semalem Jogja ditaburin beginian?
Sepanjang jalan kenangan.. rumah-FKG. Naek motor yang sumpah, kotor banget. Kayak baru dicelupin ke selokan lalu dikeringin make gombal. Tapi biasa aja sih, nggak usah lebay juga. Orang biasanya juga kaya begini. Hakakak!
Di jalan, terlihat orang-orang pun bermasker ria. Pastinya, orang-orang nggak pada mau dong paru-parunya kemasukan abu gosok Merapi. Yeah, efeknya, larislah semua penjual masker. Dimana-mana habis. Masker menjadi barang langka di Jogja untuk sementara. Halah, nggak ada masker gombal pun jadi. Haha! Jogja sungguh berdebu hari itu. Kalau kata putrek, salah satu temen hedon saya di kampus, ini udah mirip arena cowboy di film-film. Kalau kata aku sih, Jogja hari itu udah seperti daerah endemik *aduh,amit amit yaa*. “Kampreto!” bus kota melaju kencang, wass wiss wuss menerbangkan butiran debu vulkanik di sepanjang jalan. Dan, sialnya, aku ada di belakangnya. Mampus kena jekpot. Sambil menjaga masker pertahanan di hidungku, aku cap cuss ke kampus sambil takjub ngeliat jogjaku pagi itu.
Hari itu, kita emang berencana ke kampus buat ikut training fotografi. Iseng sih. Hehe :D Dan nggak taunya malah nemuin klonengannya john pantau. Kw 5 sih. Ahahaha.. *maaf, menyimpang jauh dari topik* Di kampus, ternyata nggak kalah tebel debunya. Dan baru nyadar foto yang aku share di facebook pagi tadi nggak oke banget dipamerin di facebook -.-. Akhirnya, karena kurang oke, aku sama Kenyut, partner bodoh saya itu, bikin video ababil presenter bencana merapi abal-abal. Kalo yang ini sih mungkin efek setres kami, para ababil *akhirnya ngaku ababil juga*. Bodohh.. Jogja berduka tapi malah foto-foto. Aduh gimana nih, nggak patut dicontoh deh *nanti disindir mas-mas reporter tvo*e lagi deh* jadi malu :malu: Hihihi...
Sangat tidak mulia, lagi bencana alam gini malah foto-foto begitu *cihh! Mendingan juga wisata bencana *pasti kalo aku ngomong begini udah kena jitak beruntun dari temen2* Ampuuun! Maaf,salah ngomong. Bukan gitu,maksud aku sekalian membantu dan melihat keadaan mereka yang mengungsi di posko pengungsian. Pasti senang sekali sebagai orang Jogja, boleh peduli dengan apa yang sedang terjadi di Jogja. Dan pastinya bisa melihat lebih dekat bagaimana keadaan mereka sebenernya. Nggak cuman bilang “ya ampun ya ampun” aja depan TV sambil online-nan. Akhirnya aku, Kenyut, Putrek, Evi rame rame belanja buat kirim bantuan ke atas. Ini sebenernya acara kampus, dan kita diamanahi belanja bantuan buat sodara2 kita yang menjadi korban. Dan seperti yang udah diprekdisikan, hari ini kami pulang dengan kondisi lecek cek cek! Tapi senaaaang sekali bisa bermanfaat :D
Hari itu memang capek puoool, tapi tetep ada gilagilaannya juga. Setelah seharian wirawiri, objek wisatanya ya cuman gelanggang expo. Ada duta sheila on7! Bukan datang dengan nama SO7 sih, tapi toh yang nyanyi tetep Oom Duta. Selesai Oom Duta perform, kita langsung ngibrit ke belakang. Nyariin beliau, siapa tau diperbolehkan foto bareng setelah liat ada ababil dua nungguin melas di balik pagar. Dan akhirnya, 1 meter depan mata! Tinggal colek dan geret kaosnya! Tapi bodohnya aku ga berani untuk sekedar bilang “Mas,bole doong foto bentaran”. Kaya ada kodok nyangkut di tenggorokan zzz.. *alesan aja bilang aja ciut*Iya.. udah ciut nih nyali gara2 liat mas2 menwa ugm yg mengawal beliau rame2 gitu -_-a. Tampangnya sok sibuk gimanaa gitu. Yaudah deh.. daripada diusir dan jadi tontonan yang dikasih judul “derita rakyat jelata” mendingan iklasin ajaaa.. *padahal nggak iklas sama sekali. Mana udah dibelabelain sampe jam setengah satu pagi masak nggak dapet foto bareng.. wewwww..
Tapi lumayan loh, ini sih namanya hiburan dadakan. Hahahah.. dan hari itupun diakhiri di atas kasur Kenyut, lewat tengah malam. Yeah, aku di kasur dan Kenyut di bawah beralaskan selimut *tego banget*. Tapi ya biarlah, namanya juga dimana mana tamu adalah raja *piss, Nyot! ^^v
Paginya kita jadi beneran buat naik setelah melengkapi barang bawaan yang mau dibawa ke atas. Bah! Debu vulkanik di sana parah banget. Untung udah make masker. Kalo enggak pasti idung udah banyak upil batunya wakakakak.. *maaf jorok. Hehe.. Beberapa orang disana, entah penduduk, entah relawan, pada usaha buat ngilangin debu-debu di jalanan yang sangat mengganggu para pengguna jalan. Mereka mengalirkan air selokan pake selang ke jalan-jalan dan membiarkan abu vulkanik terhanyut *berarti kebawah dong? Aduh, makasih lhoo..* dan ada juga yang pake gayung secara manual -.-‘ dan disiratin ke jalan2, termasuk ke kakiku *aduh,makasih lho ya* udah deh kalo kayak gini toleransi harus dimaksimalkan. Nggak ada niat buat marah2in itu mas-mas yang nyiratin air. Dan pemandangan yang cukup mengejutkan di sana, seorang ibuk2 bawa bakul mau panen salak *sempet banget tuh ya ibuk2.. pasti beliau setres di posko pengungsian disodorin ind*mi terus. Dan, yang agaknya lebih mengejutkan, ada bocah mancing di kali -.-‘ *ngooook.. mukaku langsung nggonduk seketika*.

Sesampainya di posko, kami langsung opo perlune. Ngangkutin barang-barang yang langsung diterima oleh panitia. Sambil nungguin barang-barang yang didata, kami pengamatan. Haha.. apadeh. Di sana ada cukup banyak relawan yang membantu. Sepengamatan aku, mereka rata-rata pemuda. Melihat mereka, kami jadi salut. Bentuk kepedulian mereka itu lhoo.. marai pengen melu2 dadi relawan *labil deh*. Tapi mengingat waktu yang sepertinya tidak memungkinkan dan membayangkan muka emak di rumah yang syok setelah ngitung jumlah anaknya berkurang satu, kami mengurungkan niat. Kami pulang saat itu juga, dengan bahagia :D Segini yang bisa kami lakukan. Selebihnya, kami pasti berdoa agar Merapi kembali seperti yang kita harapkan dan tidak menelan korban lagi. Aminnn.. :D

Tidak ada komentar: