Rabu, 08 September 2010

Daripada Bengong Yuk Mari Kita Melancong: Alkid Jogja

Berkunjung ke kota Yogyakarta, kota pelajar lan kabudayan yang terkenal dengan gudegnya, kratonnya, batiknya, tugunya (halah) dan tempat2 wisata yang unik pastinya menyenangkan sekali ya (halah gayamu!) Hidup 18 taon ini di Jogja mana udah karatan ni. Ibarat gigi, ni pasti udah karies makan gudeg tiep hari. Hahaha.. sori sori sori jek, gigi saya tidak akan saya biarkan menjadi krowok.. karna (katanya) bahkan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi (kebalik nggak sih?)
Hidup di Jogja ini rasanya seneng. Apalagi rumahku di pusat kota. Mau kemana-mana deket, tinggal mluncat wae wes tekan. Mau kemana, tinggal panggil doremon pinjem pintu kemana saja *yo ora lah, jayus ogg ra mari-mari.
Udah pernah ke Jogja belom? Kalo ke Jogja, jangan lupa malamnya mampir ke Alun-alun kidul a.k.a Alkid yang terletak di sebelah selatan kraton. Seru lhoo.. :D
Beberapa waktu yang lalu, aku + ubyang-ubyung community maen ke sana. Jujur aja, sebagai orang Jogja tulen ini aku belom pernah lho nongkrong2 di Alkid ini. Sungguh terlalu kata Om Haji Rhoma Iramahh. Hihihih, tapi beneran deh :malu. Tapi nggak apa-apa, mumpung nih sama temen-temen ubyang-ubyung yang enggak semuanya orang Jogja sini, pasti gokil deh. Haha
Sebenernya di Alkid ini kita bisa ngelakuin banyak hal. Mulai sekedar nongkrong di pinggiran alun-alun ditemani semangkuk wedang ronde hangat.. diterangi cahaya remang-remang dari lampu-lampu penghias taman khas Jogja banget.. pasti suasananya oke banget tuh. Tapi kemaren aku nggak ronde-an ki (heheheh..). Atau enggak, pernah denger tradisi 'masangin' nggak? Ini dia yang khas di sini. Masangin'an itu tuh..yang berjalan lurus dengan mata tertutup menuju tengah-tengah pohon beringin gedhem-gedhem yang berdiri kokoh di Alkid ini. Kalo berhasel.. maka make a wish nya bisa terkabul. Wah, pasti seru nih ya.. tapi sayangnya kemarin aku juga nggak nyobain.. takut sih, katanya ya.. kita bener-bener nggak boleh curang ngintip. Kalo sampe curang mengintip, bisa-bisa pindah ke dunia lain. Kan gawat tuh ntar banyak yang nyariin aku. Hoahahah.. Kalau mau nyobain tradisi 'masangin' ini, mendingan bawa penutup mata deh biar nggak usah bayar. Kwakwakwak.. tapi yo nggak papa ding kalo mau bayar, orang cuman Rp3000,00 doang. Murah kan? :)
Tradisi 'masangin'an ni emang kesannya mistis gitu. Tapi kalo males (*alibi, bilang aja takut), kita masih bisa ber-hore-ria naek sepeda sedel 3 atau 2bareng temen-temen. Sepeda ini dikayuh 2 sampe 3 orang. Jadi rame.. apalagi dihiasin lampu warna-warni yang kelap-kelip. Dijamin nih sepeda bagus kalo mau pose alay. Wakakak =) Agak susah sih ngontelnya nih.. apalagi aku kebagian depan dua kali puteran (gemporrr mak.. ampooon!) tapi lama-lama asyik juga kok kalo udah seimbang. Yang jelas pas naik sepeda rame-rame ini kudu hati-hati. Soalnya jalanan sumpah, rame banget. Si Gambreng yang ada di sedel paling belakang aja sampe jerat-jerit terus sepanjang jalan kayak sempritan aja. Hadewww..
Buat mahasiswa kayak kita-kita ni, maen di Alkid tu pas banget. Rame, bisa cuci mata, seru gokil sinting, dan yang paling penting.. MURAH. Hahahahaw.. Naek sepeda aja cuman Rp5000,00/ orang. Itu udah jadi paket olahraga alternatif.. dijamin keringetan dan gemporr. Haha! ;)
Yuk.. yuk mari, ke Alkid lagi. Tapi laen kali harus cobain ronde+tradisi 'masangin'-nya nihh.. Hahaw.. :D

4 komentar:

christiani mengatakan...

aku juga melancong ke blog mu, mir.. hahahah
visit mine yah.. www.akupunyagigi.blogspot.com

Mircung mengatakan...

wee.. mbak kris :D *baru nyadar ada komen dri mbak* hahaha.. iya mbak ;D

Anonim mengatakan...

very nice post! jd pengen ke Alkid dan menikmati semangkuk wedang ronde hangat..hmmm...terus tulis sgala sesutau ttg Jogja ya..

i love love love Jogja MUCH! :D

salam kenal,,

Mircung mengatakan...

:D
Yap! Jogja emang ^^b
Tengkyu udah komen :)