Jumat, 26 Agustus 2011

Masak Ala Ane :)

Haloo apa kabar? Bagi THR dooongg..
Liburan tinggal bentar lagi nih. Jadi mari kita isi dengan yang belum sempat kita lakukan selama liburan. Apa ya? Banyak banget deh kayanya. Tapi hari ini ane mau dirumah aja ah setelah beberapa hari ini ane gentayangan kemana-mana. Daaaan.. hmm.. ane mau masak ah! :D #bumigonjangganjeng #petirmenggelegar #bumiterbelahbelah Emang bisa Cung? -_- jangan ngeremehin ane ya. Gini-gini ane juga wanita cerdas yang senantiasa memanfaatkan bumbu-bumbu racik yang sekarang udah banyak banget dijual di pasaran. Mau masak apa sih bhu? Nasi goreng, ayam bumbu, sayur lodeh, gulai, sampe rendang semuanya jadi gampang. HAHAHA ini sih bukannya ane ngajarin sesat ya. Sebagai wanita, tentunya tanpa bumbu-bumbu instan yang ajaib itu pun kita tetep bisa jumpalitan di dapur. *jumpalitan karena bisanya cuman masak aer* -_- Enggak dong, masak beneran! Apa kata ibu mertua? #eh

Jadi, menu hari ini adalah ikan tongkol yang digoreng pake bumbu racik , ikan tongkol lombok ijo, sambal terasi seger, dan puding cokelat.
Hebatnyaa ane bisa masak itu semua fufufu
Ikan Tongkol Goreng
Oke, berikut adalah bahan-bahannya:
  1. Ikan tongkol segar 1/2 kg dipotong-potong, dicuci bersih, jangan lupa diilangin eeknya.
  2. Garem
  3. Bawang
  4. Kunyit
  5. Merica
  6. Bumbu kaldu
  7. Jeruk purut
NB: Nomer 2 s.d 7 bisa disingkat menjadi: Bumbu racik ikan goreng HAHAHA :P
Sayati daging ikan terlebih dahulu. Ini bertujuan supaya bumbu merasuk sempurna *buset bahasanya merasuk? Kerasukan bumbu? -_-*. Kemudian lumuri ikan dengan bumbu hingga merata sambil ditekan-tekan. Masukin freezer selama 15 menit lalu goreng hingga kekuningan dalam minyak panas. Jadi deh. Kok cepet amat? Biarin dong, ini sih mungkin karena saking canggihnya si chef :) *benerin kolor*

Ikan Tongkol Lombok Ijo
Nah, selanjutnya kita mau masak tongkol lombok ijo. Wowowowow! Ini kesukaan ane banget. Caranya gampang. Ambil beberapa tongkol yang udah digoreng tadi. Jangan semuanya! Kan nggak semua suka pedes. *aduuh, ane calon ibu bijak banget ya. Jadi terhura.* Siapkan bumbu-bumbunya:
  1. Lombok ijo (yang banyak) dan 17 cabe rawit merah. Angkanya harus ganjil biar enak #sokteu. Lombok rawit merah ini sengaja ane campurin biar pedesnya nendaaaang! Tapi buat ente yang nggak terlalu selera sama yang hot-hot, ya nggak usah sok-sok pake cabe rawit :P
  2. Bawang merah, bawang putih
  3. Garem
  4. Merica
  5. Bumbu kaldu
  6. Daun jeruk
  7. Gula pasir

Semua cabe diiris tipis-tipis (secara miring). Kenapa miring? Ya biar nyeni aja. Potong tipis-tipis bawang merah dan bawang putih. Sebagian bawang putih bisa digeprek. Selanjutnya, panaskan sedikit minyak di penggorengan. Masukin bawang, tumis sampe harum. Kalo udah harum, masukin semua bumbu (lombok, garem, gula, merica, daun jeruk). Setelah itu, silahkan bersin-bersin tapi jangan beri bumbu tambahan ke wajan ya! Maksut ane jangan sampe ingusan -_-
Kalo udah, masukin ikannya. Aduk sampe semua lombok membaluri ikan. Tambahkan bumbu kaldu dan tinggal tunggu sampe mateng.

Sambel Terasi Segar
Percuma masak tapi nggak ada sambelnya. Itu adalah moto ane dalam dunia perdapuran. Terserah mau dianut apa enggak yang jelas sambel sangat berarti dalam hidup ane *woi lebay woi*
Bahan-bahan:
  1. Cabe rawit merah 11 biji
  2. Cabe rawit ijo 6 aja
  3. 2 siung bawang merah
  4. Terasi yang udah dibakar
  5. Garem
  6. Tomat segar
  7. Bumbu kaldu
Ulek kasar semua bahan kecuali tomat dan irisan jeruk purut. Terakir, geprek tomat dan irisan jeruknya. Selamat mencocol :)

Nah, sekarang kita bikin dessertnya ya. Dessert itu apa? Makanan pencuci mulut. Jadi habis itu gausah perlu sikat gigi lagi #sesat -..-'. Kali ini makanan pencuci mulutnya adalah pudding :)
Gampang banget nih, tinggal beli aja ager-ager gitu. Di belakangnya nanti ada kok cara pembuatannya. Bahahaha #nggakniat :P

Tips Dapur
Ane punya tips nih buat ente-ente yang suka nongkrong di dapur. Hehehehhh cermati ya :)
1. Biar nggak nangis saat ngiris bawang merah. Nah, ini gampang banget. Cuci bawang merah dengan air garam sebelum diiris. Dijamin ente nggak bakal mewek cuman gara-gara ngiris bawang. Tapi jangan sambil galau ya, sama aja mewek deh nanti.
2. Menghilangkan bau bawang putih di tangan. Saat mencuci tangan, gosok-gosok tangan dengan aluminium. Kemudian, baru pake sabun.
3. Menghilangkan bau naga gara-gara makan bawang. Caranya gampang: minum susu. Katanya, susu bisa menetralisir sulphur yang dihasilkan oleh bawang putih.
Udah sih segitu aja, nanti ane tambahin lagi :)

Fiuuh.. capek juga ane hari ini di dapur #berasawanitatulen. Okee, berhubung ane adalah chef pemula dan masih perlu banyak belajar, nantikan resep ane selanjutnya! Salam jumpalitan! ;))


Tidak ada komentar: